Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Poster K3 di Laboratorium

Poster keselamatan kerja di laboratorium adalah poster yang berisi informasi dan panduan tentang keselamatan dan kesehatan di tempat kerja laboratorium. Poster ini biasanya dipasang di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh semua pekerja laboratorium dan juga oleh pengunjung yang masuk ke dalam laboratorium.

Contoh Poster K3 di Laboratorium

Poster keselamatan kerja di laboratorium harus memuat informasi tentang bahan kimia yang digunakan, prosedur penggunaan bahan kimia yang aman, peralatan laboratorium yang harus digunakan dengan hati-hati, tindakan darurat jika terjadi kecelakaan atau insiden, serta panduan tentang bagaimana menjaga kebersihan dan keamanan di laboratorium.

Selain itu, poster ini juga harus mencakup informasi tentang hak dan kewajiban pekerja laboratorium, seperti pentingnya menggunakan alat pelindung diri (APD), mematuhi prosedur keselamatan, dan melapor jika ada masalah atau kondisi yang tidak aman di laboratorium. Tujuan dari poster keselamatan kerja di laboratorium adalah untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan pekerja dan pengunjung di laboratorium.

Baca Juga : Banner Jalan Sehat

Contoh Poster K3 di Laboratorium

Berikut ini adalah contoh kata-kata pada poster keselamatan kerja di laboratorium:

  1. Gunakan Peralatan Pelindung Diri (APD) dengan Benar: Poster ini memperlihatkan gambar-gambar APD seperti kacamata pelindung, sarung tangan, masker, dan sepatu safety yang sebaiknya digunakan saat bekerja di laboratorium.
  2. Hindari Makan dan Minum di Laboratorium: Poster ini memperingatkan agar tidak makan atau minum di laboratorium karena bahan kimia dan zat beracun dapat terkontaminasi pada makanan atau minuman.
  3. Hati-hati saat Menangani Bahan Kimia: Poster ini memperlihatkan gambar-gambar bahan kimia yang umum digunakan di laboratorium dan cara yang benar dalam menanganinya seperti menggunakan peralatan yang tepat, memastikan ventilasi yang cukup dan mengetahui sifat-sifat bahan kimia.
  4. Bersihkan Spill atau Tumpahan dengan Cepat: Poster ini memperlihatkan bagaimana cara membersihkan tumpahan atau spill bahan kimia yang terjadi di laboratorium dengan cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya kontaminasi.
  5. Jangan Menangani Bahan Kimia Sendirian: Poster ini memperingatkan bahwa sebaiknya tidak menangani bahan kimia sendirian dan selalu ada rekan kerja yang berada di dekat untuk membantu saat terjadi kecelakaan.
  6. Simpan Bahan Kimia di Tempat yang Tepat: Poster ini memperlihatkan tempat penyimpanan bahan kimia yang aman dan benar di laboratorium dan cara yang tepat dalam menandai dan menempatkan bahan kimia tersebut.
  7. Gunakan Perangkat Penghisap untuk Menghindari Gas Beracun: Poster ini memperingatkan tentang bahaya gas beracun yang mungkin terjadi di laboratorium dan cara menggunakan perangkat penghisap untuk menghindari paparan terhadap gas beracun tersebut.
  8. Hindari Kebisingan Berlebihan: Poster ini memperingatkan tentang bahaya kebisingan berlebihan yang dapat merusak pendengaran dan cara menghindarinya dengan menggunakan alat pelindung pendengaran seperti earplug atau earmuff.
Berikut beberapa contoh poster K3 di laboratorium :

Poster K3 di Laboratorium

contoh poster K3 di laboratorium

Contoh Poster K3 di Laboratorium

Contoh Poster K3 di Laboratorium

Baca Juga :

Pihak yang Bertanggung Jawab Terhadap K3 Di Perusahaan Instansi

K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah tanggung jawab bersama antara perusahaan dan karyawannya. Namun, dalam hal ini, pihak yang bertanggung jawab utama terhadap K3 di perusahaan atau instansi adalah manajemen atau pimpinan perusahaan.

Manajemen perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lingkungan kerja aman dan sehat bagi karyawan dan pengunjung. Tugas-tugas kunci mereka meliputi:

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan dan program K3
  2. Memastikan bahwa semua karyawan menerima pelatihan K3 yang memadai
  3. Menyediakan peralatan dan perlengkapan kerja yang aman dan memadai
  4. Menyediakan sistem pelaporan insiden K3
  5. Memastikan bahwa semua peraturan K3 ditaati

Selain manajemen, setiap karyawan juga memiliki tanggung jawab untuk melindungi dirinya sendiri dan rekan kerjanya dengan mematuhi semua peraturan dan prosedur K3 yang ditetapkan oleh perusahaan.

Ketahui :

Dalam beberapa kasus, ada regulator pemerintah yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi standar K3 yang ditetapkan oleh undang-undang. Namun, tanggung jawab utama tetap pada manajemen perusahaan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja yang baik.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Poster K3 di Laboratorium"